Selalu Ada Kesempatan untuk Berbuat Baik dari Tuhan

“Lihatlah,. bukankah Tuhan selalu memberikan kesempatan bagi hambaNya untuk berbuat baik kepada orang lain?!___”

Kata-kata yang terlontar dari lisan seniorku itu belakangan ini selalu terngiang di kepala. Aku seolah tersadarkan kembali, rahmat Tuhan itu tersebar luas, beberapa diantaranya sampai pada manusia melalui perantara manusia lain yang mau berbaik hati membagi kelebihan yang dia punya. Ya, begitulah seharusnya hukum alam. Yang kuat membantu yang membutuhkan.

Sahabat, Nabi Muhammad pernah bersabda:

“Khairun naas, anfa’uhum linnaas”

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya”

Untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain itu bukanlah hal sulit. Seperti prolog di atas, Tuhan selalu memberikan kesempatan apapun bagi hambanya untuk berbuat baik kepada orang lain. APAPUN. Dengan duduk manis mendengarkan keluh kesah teman yang sedang kesulitan pun, sudah termasuk tindakan yang bermanfaat bagi orang lain. Ya, karena untuk berbuat baik kepada orang lain bukanlah hal yang sulit. Semua bisa dilakukan mulai dari hal yang terkecil seperti tadi. Tetapi, apakah lantas kita puas berbuat baik hanya dengan mendengarkan keluh kesah teman yang sedang kesulitan saja?

Jawabannya tergantung diri kita masing-masing, sahabat. Hanya saja, aku pernah mendengar kata orang bijak:

“orang yang beruntung adalah orang yang pandai menggunakan kesempatan yang ada”

Setelah dianugerahi kesempatan yang begitu banyak oleh Tuhan, sekarang yang harus kita pikirkan adalah cara memanfaatkan kesempatan yang ada. Jadi, tak ada salahnya menggunakan kesempatan yang telah banyak diberikan Tuhan untuk berbuat baik kepada orang lain ini, apapun bentuknya. Contohnya, jika memang Tuhan memberikan kesempatan bagi kita untuk menjenguk teman yang  sakit, maka tidak ada salahnya untuk menjenguk dan membawakan sedikit makanan untuknya. Jadi, kebaikan yang kita lakukan tidak sebatas duduk manis dan mendengarkan keluh kesah saja seperti hal yang telah kusebutkan sebelumnya ^_^

Semoga kita bisa menggunakan kesempatan untuk berbuat baik pada orang lain, yang telah banyak diberikan oleh Tuhan ini dengan sebaik mungkin. Jangan pernah bosan untuk melakukannya, dan percayalah setiap perbuatan baik yang kita lakukan itu pasti akan dibalas oleh Tuhan. Sungguh Maha Pemurah sekali bukan, setelah diberiNya banyak kesempata, Tuhan akan memberikan balasan pula bagi yang melakukan perbuatan baik itu. SUBHANALLAH.

Oiya,, terakhir, ayahku pernah memberi nasehat, sebaik baiknya menolong orang lain adalah jika kita dalam keadaan sulit. Maksudnya, meskipun diri kita sendiri sedang dalam kesulitan, tetaplah berusaha untuk bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.  Sulit memang, tetapi tak ada salahnya untuk mengingat nasehat ini, dan berusaha untuk mengamalkanya.

Semoga Bermanfaat~

-Ciputat, Maret 2012 _ sedikit perenungan di hari hujan-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s