EveryDay is Father’s Day

“Pernahkah kau menghitung berapa garis kerutan di dahi ayah?! semua itu timbul akibat ia selalu berpikir keras, bagaimana caranya agar hidup anak-anak nya bahagia,, bahkan dari sebelum kau lahir___”

"DAD and ME"

Dad and Me

Jika dilihat lihat, postingan ini bukan jatuh di Hari Ayah. Ya, memang aku sengaja tak mau berlama lama menunggu Hari Ayah yang jatuh pada tanggal 20 Juni (terlalu lama untuk ditunggu bukan?! ^_^)

Ayah adalah sosok yang tegas, tetapi dibalik ketegasannya ada kelembutan dan kebijakan. Tahukah kalian, ketika pertama kali ibu mengatakan pada ayah bahwa ia sedang mengandung, ayah akan merasa sangat bahagia. Ayah adalah orang pertama yang berpikir keras, bagaimana agar hidupmu kelak bahagia, setidaknya lebih baik daripada dirinya. Ayah akan bekerja keras mengerahkan seluruh kemampuannya, mengumpulkan lembaran-lembaran rupiah untuk biaya persalinanmu. Ia juga tak pernah alfa untuk mengingatkan ibu untuk menjaga kesehatannya dengan baik, agar kamu tumbuh dengan baik di dalam rahim ibu.

Ayahlah yang mengantarkan ibu mengontrol kandungannya ke dokter, ayah juga yang mengantar ibumu membelikan baju-baju bayi yang lucu untukmu kelak, membeli kereta dorong, dan perlengkapan bayi yang lain. Ayah juga tak pernah marah ketika ibu meminta hal yang aneh-aneh seperti rujak mangga di tengah malam, atau yang lainnya. Semua ia lakukan dengan senang hati, karena ia tahu, semua demi kebaikan kamu kelak, anaknya.

Bulan demi bulan ayah terus menanti kelahiranmu sambil terus memberi dukungan pada ibu yang terkadang mengeluh tentang kandungannya,,, dan jika hari itu tiba, ia dengan sigap mengantarkan ibu ke Rumah Bersalin. Ayah akan menunggu,, menunggu sampai tangisan pertama mu terdengar dari balik pintu kamar bersalin. Jika tangis itu pecah, maka ia akan tersenyum bangga. Mungkin bisa dikatakan ayah adalah laki-laki paling bahagia saat itu.

Aku ingin sedikit berbagi cerita tentang ayahku yang cukup unik. Ayahku pernah memberiku buku diary nya, dan memintaku untuk membaca halaman yang ia beri judul “Best Memory in 1992” di kanan atas halaman itu. 19 Januari 1992 adalah hari dimana aku lahir, ayah sempat mengabadikan moment berharga itu di buku diary nya, beberapa hari setelah aku lahir. Di buku itu tertulis:

At the beginning of this year is really the great surprised for my family. The God has given me a confidence to take care of the daugthter. Exactly at 00.20 on Saturday night, January 19 1992 was born a very cute baby. In this way, I guess everybody can imagine how my feeling was. At that time, I might be the happiest guy in this world. Having seen my baby was a completely perfect, I colud stand screaming for joy. As ususal, due to the custom in my country, parents have to give the name for their children, so did I. I named my baby:

Ayu Indriyani Munggaran

Jakarta, January 21th 1992

-me, the great guy-

Setelah membaca diary itu, aku hampir saja menitikkan air mata. Tak terbayangkan betapa bahagianya perasaan ayah saat itu. Di hari itu, semua harapan-harapan baiknya nya untuk anaknya yang baru saja lahir mulai tersirat di benaknya, harapan akan seorang anak yang akan tumbuh menjadi  shalih/shalihah, cerdas, berguna bagi banyak orang kelak, dan harapan-harapan indah yang lain.

Postingan kali ini, aku ingin mengajak kalian semua untuk merenungi, betapa ayah merasa bahagia akan kelahiran kalian ke dunia. Jangan pernah merasa bahwa ayah tidak sayang dengan kalian. Jika kalian pernah berpikiran seperti itu, hapuslah segera, buang jauh-jauh, karena ayah, sampai kapanpun akan menganggap kalian sebagai malaikat kecilnya yang paling berharga.

Jangan pernah tunggu Hari Ayah datang untuk membuat ayah merasa bahagia. Sudah kewajiban kita semua sebagai anaknya, untuk membuat ayah bangga dengan apa yang kita lakukan. Paling tidak, ada dari harapan-harapan indah yang pernah dibayangkan ayah ketika kita lahir yang bisa kita wujudkan. EveryDay Is Father’s Day~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s