“SEHAT”,,, Satu Kata yang Sering Terlupakan

“Pernahkah terpikirkan, berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk membayar tagihan, jika kesehatan kita dalam satu hari itu dihargai oleh rupiah?!___”

 

‘Ina’ (bukan nama asli), adik kelasku, didiagnosa menderita tumor otak oleh dokter yang menanganinya. Semuanya berwal ketika suatu hari ina masuk ke ruang UGD karena mendadak pingsan. Sebelumnya ia hanya merasa penglihatannya semakin kabur, dan memutuskan untuk pergi ke dokter mata, namun ketika di rumah sakit, ia mendadak pingsan.

Setelah sempat ditangani dokter, ina pingsan untuk yang kedua kalinya. Singkat cerita, ina langsung masuk ruang ICU. Dokter akan melakukan tindakan operasi emergency, karena menurut hasil pemeriksaan dokter, ina mengalami peningkatan tekanan intrakranial akibat penumpukan cairan cerebrospinal. Dokter memasangkan selang permanen di bawah kulit ina, dari kepala, disambungkan ke usus. Menurut penjelasan singkat yang berhasil didapat orangtuanya dari dokter, selang itu berguna untuk membuang cairan otaknya.

Sampai saat ini ina masih menjalani perawatan. Dan terakhir kali aku sempat mendapat kabar bahwa penglihatannya semakin memburuk. Tangan kanannya pun sudah mulai sukit untuk digerakan.

Jujur, semenjak aku kuliah di pendidikan dokter ini, aku cukup banyak bertemu dengan orang-orang yang mengalami penyakit serius, yang semula kukira hanya ada di dalam text book perkuliahanku saja atau hanya ada di film-film dan tak pernah ada di dunia ini. Tetapi, pada kenyataannya, orang-orang disekitarku ada yang mengalaminya. Salah satunya adalah apa yang dialami adik kelasku di atas.

Ada beberapa fakta menarik yang bisa dijadikan pelajaran yang ingin aku ‘bagi’ disini. Pagi ini aku mendapat telpon dari adik kelasku yang selalu menjenguk ina. Dia bercerita bahwa ina berusaha sangat keras untuk bisa menjalani kehidupannya selayaknya orang normal. Meski ia sedang cuti kuliah karena kondisi kesehatannya, ina tetap rajin membaca buku. Ina juga rajin menghafal Al-qur’an. Padahal, jika terlalu lama melakukan hal-hal yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti membaca buku atau mengahafal, kepala ina akan terasa sakit.

Ina rutin melakukan jalan pagi, untuk melatih kekuatan otot kakinya yang mulai melemah. Ia selalu berusaha agar ia bisa melakukan ibadah sholat dalam posisi berdiri, meski dokter sudah menyarankan untuk duduk saja. Ina masih rajin menjalankan ibadah sholat sunnah seperti sholat sunnah rawatib, sholat dhuha, dan sholat malam, meskipun semua itu ia lakukan dengan susah payah.

 “Manusia yang baik adalah manusia yang selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian”

Dari kejadian di atas aku bercermin pada diri sendiri. Aku benar-benar terharu dan merasa tersindir mendengar cerita itu. Apa saja yang sudah aku lakukan dengan kondisiku yang jauh lebih sehat daripada ina?!

Sudah selayaknya kita yang dianugerahi kesehatan ini banyak belajar dari mereka yang diberi keistimewaan seperti ina. Memang, terkadang nikmat sehat itu jarang kita syukuri keberadaannya, bahkan kita lupakan. Kita baru akan teringat betapa mahalnya nikmat sehat, ketika kita sudah menjadi sakit.

Semoga apa yang aku ‘bagi’ hari ini bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua. Nikmat sehat itu sangatlah mahal dan patut kita syukuri dengan cara mempergunakannya dengan sebaik mungkin. Gunakan masa-masa sehat ini dengan melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Jangan cepat berputus asa dengan kesulitan yang kita hadapi, karena masih banyak di luar sana orang-orang yang berjuang melawan sakit dan keterbatasannya untuk tetap hidup.

Salam Semangat!!

*Tak lupa sebaris doa selalu kupanjatkan untuk kesembuhan Ina yang masih terus berjuang,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s