Dongeng Ayah Tentang Si Burung Pipit

“Aku ingin seperti burung pipit,, tidak seperti elang yang bisa terbang tinggi, ia tidak punya sayap yang lebar dan tubuh yang kuat,,, tetapi ia bisa melihat dan mempelajari segala keajaiban dan keindahan yang ada di dunia ini dari ketinggian langit dengan kecerdasannya___”

si burung pipit kecil

                                                

Sejak aku kecil, ayahku pernah berdongeng tentang kisah Si Burung Pipit, Elang, dan Layang-layang. Dongeng itu sepertinya sangat menginspirasi beliau dalam menasihati anak-anaknya. Ayah selalu bilang padaku, “Nak, ingatlah, kamu itu burung pipit, jangan lupa diri. Teruslah belajar, karena hanya dengan itulah cara kamu bisa melihat dunia”.

Sore itu, seperti biasa, ayah selalu membacakan dongeng-dongeng dari koleksi buku-bukunya kepada  ayu kecil. Dengan wajah yang antusias, ayu kecil selalu menyimak dan menanti nanti dongengan dari ayah.

“Baiklah, ayah mulai ya ceritanya”, ayah berkata sambil mengelus kepala ayu kecil.

Pada suatu hari, ada seekor burung pipit yang sedang hinggap di dahan pohon yang cukup rendah. Burung pipit kecil itu menengadahkan kepalanya ke arah langit biru yang luas. Di langit, ia melihat seekor burung elang yang gagah, dengan sayap lebarnya, terbang bebas mengelilingi langit.

“Alangkah beruntungnya elang itu. Ia punya sayap yang lebar serta tubuh yang besar dan kuat, sehingga bisa dengan bebasnya terbang tinggi, tanpa takut tersapu angin kencang. Sedangkan aku, tubuhku dan sayapku ini kecil.”, burung pipit itu bergumam dalam hati.

Beberapa saat kemudian, sang elang hinggap di dahan yang sama dengan si burung pipit. Lalu mereka saling berbincang bincang. Sang Elang dengan sangat antusias banyak menceritakan tentang hal-hal yang pernah ia lihat dan pelajari. Ia tahu banyak hal yang ada di bumi ini, karena ia bisa terbang dengan sangat tinggi, maka ia bisa melihat apapun yang ada di bumi dari ketinggian itu.

Si burung pipit merasa iri dengan burung elang yang bisa banyak belajar dan melihat banyak hal yang ada di bumi. Pipit yang kecil itu pun ingin mempunyai pengalaman yang sama dengan si elang, tapi tentunya itu tampak mustahil dengan keadaanya, karena burung pipit tidak memiliki tubuh yang kuat serta sayap yang lebar.

Dengan penuh harapan, setiap sore, burung pipit itu berlatih untuk terbang lebih tinggi. Ia juga banyak berlatih agar tubuh kecilnya tidak mudah tersapu oleh angin ketika ia terbang semakin tinggi. Tetapi usaha si burung pipit ini tampaknya tidak memberikan hasil yang cukup signifikan. Ia hanya mampu menambah ketinggian beberapa meter saja, karena sayapnya tak mampu lagi menahan gaya angin yang semakin kuat. Sampai pada suatu hari, ketika burung pipit itu sudah hampir putus asa, ia melihat ada beberapa anak laki-laki yang sedang bermain layang-layang di taman. Pipit kecil itu memperhatikan layang-layang yang bisa terbang jauh ke langit, lebih tinggi dari kemampuannya untuk terbang. Dari sana ia mulai berpikir, dan mempunyai ide untuk ‘menumpang’ pada layang- layang yang diterbangkan oleh anak-anak tersebut.

Keesokan harinya, burung pipit itu kembali mengunjungi anak-anak yang sedang bermain layangan. Dan kali itu, ia berhasil terbang tinggi dengan cara ‘menumpang’ di layang-layang. Alangkah bahagianya si pipit kecil. Akhirnya, ia bisa menemukan cara untuk bisa melihat dan mempelajari segala hal yang ada di bumi dari ketinggian. Dan si burung pipit pun bisa banyak belajar tentang berbagai hal yang ada di  bumi dari ketinggian selayaknya Sang Elang, tanpa harus mengeluhkan lagi tentang keadaan fisiknya yang tak sekuat elang.

Beitulah,, tak ada yang lebih indah daripada mengingat setiap moment yang aku habiskan untuk mendengarkan dongeng bermanfaat dari ayah. Aku merindukan setiap kata petuah dan nasihatnya,,,, dan demoga ada hikmah yang bisa diambil dari cerita ini~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s