Dari PPM sampai Desa Binaan _ Apa yang Sudah Kamu Lakukan untuk Masyarakat?!

“Semakin besar kemampuan yang dimiliki seseorang, maka tanggung jawabnya akan menjadi semakin besar”

Pernah melihat film-film yang bertemakan super hero seperti power ranger atau batman?! Jika kita perhatikan, pahlawan yang memiliki kekuatan paling besar, maka dialah yang paling bertanggung jawab dalam melindungi bumi. Misalnya batman, dibandingkan robin, batman lebih berperan dalam memberantas kejahatan meskipun kadang kekuatan robin dibutuhkan untuk membantunya. Ya, semua itu terjadi karena memang kekuatan batman lebih besar dibandingkan robin. Masih belum percaya juga? Coba saja adakan duel atara Batman dan Robin dan lihat siapa yang menang *kidding* ^_^

Well, bicara tentang kekuatan superhero, hal yang sama pun terjadi pada manusia. Semakin banyak pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki manusia, maka semakin besar pula tanggung jawabnya. Setidaknya itu yang aku rasakan saat ini, ketika aku harus ikut bertanggung jawab dalam sebuah program kerja divisi Kesejahteraan Sosial di BEM Jurusan, yaitu program Desa Binaan.

Dulu,sewaktu masih duduk di bangku aliyah, pihak sekolah mempunyai program unggulan yang selalu diadakan di setiap angkatan yang akan lulus, yaitu Program Pengabdian Masyarakat (PPM).  Jadi, siswa/siswi tingkat 3 dibagi menjadi beberapa kelompok dan disebar ke setiap desa terpencil selama 2 minggu untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang telah diajarkan di Pondok Pesantren. Pihak pondok benar-benar menyerahkan konsep kegiatan pada siswa/siswi. Dan waktu itu kami menyusun beberapa kegiatan seperti mengajar ngaji anak-anak TPA di desa setempat, membentuk remaja masjid dan mengaktifkannya kembali, mendirikan taman bacaan untuk anak-anak disana, mengisi majlis ta’lim, bakti sosial pemberian bahan pangan dan santunan anak yatim, bahkan sampai lomba memasak untuk ibu-ibu di desa tersebut. Sejauh ini itulah yang bisa kami lakukan ketika itu.

Dan sekarang, saat aku sudah menginjak jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dengan pengetahuan yang telah bertambah tentunya, aku pun terlibat dalam sebuah program Desa Binaan yang konsep dasarnya hampir sama dengan PPM yang pernah kulakukan dulu. Bedanya, sekarang kami berperan sebagai kader mahasiswa yang membantu perangkat desa dalam menjaga kesehatan warga setempat sehingga masyarakat bisa menjalani hidup dengan produktif. Peranan itu tentunya sesuai dengan program studi yang kami pilih, yaitu Pendidikan Dokter, dan sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai ajang berlatih menjadi seorang dokter yang kelak akan terjun ke masyarakat. Kegiatan yang kami lakukan di Desa Binaan ini cukup bervariasi, dimulai dari pengobatan gratis, pembinaan kader kesehatan remaja, membantu terlaksananya POSYANDU, Pembinaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) untuk warga, PHBS untuk anak-anak di desa setempat, dan lain lain.

Ketika mulai terlibat dalam program Desa Binaan ini, aku mulai berpikir dan meyakini memang semakin bertambahnya kemampuan seseorang, maka tanggung jawab yang ia miliki pun semakin besar. Terbukti, di tingkat Aliyah,yang kulakukan hanya sebatas mengajar anak-anak TPA, mengisi majlis ta’lim, dan mengaktifkan remaja masjid. Tetapi sekarang, karena aku sudah mempunyai ilmu di bidang medis, maka tanggung jawabku bertambah, aku harus bisa memberikan edukasi pada masyarakat tentang perilaku hidup yang bersih dan sehat agar mereka bisa menjalani hidup produktif tanpaharus terbebani dengan penyakit. Bertambah bukan porsi tanggung jawab yang harus aku pikul?!

So, teman-teman, sebagai mahasiswa kita harus senantiasa ingat tanggung jawab atas ilmu yang kita punya. Dan tanggung jawab itu akan bertambah jika kita telah lulus. Ya, apapun jurusan yang kita pilih, kita bertanggung jawab untuk membangun masyarakat Indonesia untuk menjadi masyarakat yang maju di segala bidang. Itulah tugas yang kita emban sebagai generasi penerus bangsa. Hidup Mahasiswa! Tetap semangat, karena harapan itu masih,, dan akan selalu ada ^_^

masa PPM 3 aliyah di Desa Wano

bersama remaja masjid Desa Wano

simbolis aksi bagi-bagi buku di Desa Binaan

pengobatan gratis di Desa Binaan

ramah tamah membuat origami bersama anak-anak TPA Desa Binaan

peresmian Desa Binaan

and.. the last,, it's me with crane origami ^^ semangaat~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s